Senin, 13 Mei 2013

Vitamin D

Vitamin D ternyata memerlukan kerjasama antara alam,sistem pencernaan dan metabolisme tubuh manusia,dan sentuhan cahaya matahari. bahan dasar vitamin D terdapat dari berbagai makanan. Vitamin D yang sudah masuk dan diserap oleh tubuh lalu diproses di dalam hati kemudian disimpan di bawah jaringan kulit dalam bentuk tidak aktif, disinilah sekarang peranan sinar matahari untuk membuat vitamin D menjadi aktif. Sinar matahari [Ultra Violet] dapat mengaktifkan vitamin D jika kontak dengan kulit sekitar 10-15 menit.


Manfaat vitamin D
Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Nama lainnya adalah kalsiferol. Konsumsi vitamin D maka dapat mengatur pembentukan struktur tulang dan gigi. Manfaat utama dari vitamin D adalah untuk menghancurkan segala macam agen penyakit yang menyerang tubuh. Baik itu virus ataupun bakteri. Vitamin D memberi manfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan juga gigi dan membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Selain itu vitamin D juga berfungsi mencegah osteoporosis, diabetes, hipertensi, penyakit jantung serta berbagai macam kanker.
Meski menurut WHO kebutuhan tubuh akan vitamin D hanya 400 IU per hari, riset terbaru justru menyarankan 1700 IU untuk memelihara kesehatan. 

Berikut ini beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin D


Minyak ikan Satu sendok makan minyak ikan mengandung 1360 IU atau 340% kebutuhan harian vitamin D Anda! Artinya, minyak ikan ini jadi penyedia vitamin D terbaik dalam sekali telan! Minyak ikan juga kaya asam lemak omega-3, yang berfungsi melindungi Anda dari penyakit jantung, depresi dan Alzheimer.
Susu. Susu Satu gelas susu mengandung 98 IU atau 25% kebutuhan vitamin D per hari.
Jus jeruk Segelas jus jeruk siap minum, mengandung 100 IU vitamin D atau 25% kebutuhan harian Anda. Jus jeruk juga kaya vitamin C dan antioksidan yang membantu melawan penyakit.
Telur . Kuning telur mengandung 20 IU vitamin D atau sekitar 6% kebutuhan vitamin D harian Anda.
Sereal Satu cangkir sereal untuk sarapan ternyata memiliki kandungan vitamin D 40 IU atau sama saja dengan 10% dari kebutuhan harian Anda. Tak cuma itu, Anda juga mendapat energi dari kandungan zat besi dan vitamin B.
Salmon,Tuna Kaleng,Udang,Tiram,Hati sapi,keju, dan berbagi  ikan laut terkenal akan sumber vitamin D dan kaya akan protein yang berfungsi sebagai zat pembangun tubuh

Para peneliti dari Medical University of Graz, Austria, menemukan sinar matahari mampu meningkatkan kualitas kesuburan pria dan wanita. Bagi wanita, vitamin D membantu meningkatkan hormon seksual, seperti progesterone sebesar 13% dan oestrogen 21%. Vitamin D juga dapat melancarkan siklus menstruasi dan memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan dalam rahim. Sedangkan bagi kaum pria, vitamin D merupakan bagian yang penting dalam perkembangan sel nucleus dalam sperma. Hormon testosteron juga meningkat, seiring dengan libido yang semakin garang. Seperti diberitakan Daily Mail, pengaruh sinar matahari terhadap kesuburan tidak hanya terjadi pada manusia, tapi juga di dunia hewan. Beberapa spesies hewan terbukti memiliki tingkat kesuburan lebih rendah saat berhibernasi di musim dingin.
Sungguh keunikan terciptanya vitamin D dalam menyehatkan tubuh manusia seolah mengingatkan kita akan harmonisasi alam dalam kesehatan yang merupakan karuniaNYA (pencipta Alam semesta)...Bahkan kandungan Vitmin D hasil bumi dan cahaya matahari yang jaraknya sangat jauh dari bumi pun ternyata seolah berpadu untuk mengaktifkan vitamin D di tubuh manusia dalam memelihara kesehatannya. Mari kita berbahagia...


semoga dapat berguna dan bermanfaat
sekian dan terimakasih
frielkelana


Sumber:
http://wikivitamin.com/contoh-jenis-makanan-yang-banyak-mengandung-vitamin-d-kalsiferol/
http://www.lejel.co.id/index.php/lejel-tips/tips-beauty/item/111-manfaat-vitamin-a-b-c-dan-d
http://www.vemale.com/kesehatan/8618-10-jenis-makanan-kaya-vitamin-d.html
http://gayahidup.plasa.msn.com/hang-out/tabloidbintang/article.aspx?cp-documentid=5827121
http://www.emingko.com/2012/02/sinar-matahari-tidak-mengandung-vitamin.html#ixzz2T9YXMJ9f

Tidak ada komentar:

Posting Komentar