Selasa, 07 Mei 2013

Jahe / Zingiber officinale /ginger

Jahe yang juga disebut dengan SingaBeri,termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi. Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan dapat menjadi karminatif (peluruh kentut/obat masuk angin,hehe), pencegah muntah, pereda stress,peluruh keringat, anti inflamasi,melancarkan pencernaan,obat batuk, menyehatkan pembuluh darah,menetralkan radikal bebas (antioksidan)

Khasiat Jahe Bagi Kesehatan

  • Meredakan Stress/ membuat tubuh relaks  dan Mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah (hipertensi). Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Menetralkan radikal bebas. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  • Obat batuk yang sangat manjur / saya sudah coba dan berulang kali manjur berkhasiat... hehe.. kunyah langsung sedikit jahe alami,rasanya aduhai kelimpungan namun beberapa saat kemudian batuk batuk pun reda... hehe
Rimpang jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan berbagai minuman. Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng dan sirup. Dewasa ini para petani cabe menggunakan jahe sebagai pestisida alami. Dalam perdagangan .Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.
Tumbuhan jahe mempunyai kandungan minyak asiri serta mempunyai rasa yang pedas karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron.
jahe dijual dalam bentuk segar, kering, jahe bubuk dan awetan jahe.

Jahe tumbuh subur di ketinggian 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut, kecuali jenis jahe gajah di ketinggian 500 hingga 950 meter. Jahe termasuk suku Temu-temuan (Zingiberaceae), satu keluarga/famili dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak (Cucuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.Jahe diperkirakan dikenal dan dibudidayakan pertama kali di India dan Cina Selatan. Pada saat ini jahe telah banyak dibudidayakan di Australia, Srilangka, Cina, Mesir, Yunani, India, Indonesia, Jamaika, Jepang, Meksiko, Nigeria, Pakistan. Jahe dari Jamaika.


Banyak orang yang tidak tahan terhadap rasa pedas jahe,sering minuman jahe yang sering disebut bandrek/wedang jahe dicampur dengan gula merah,susu,madu,campuran lain,sehingga terjadi perpaduan rasa sekaligus menambah manfaat bagi kesehatan. Dan saya pun,termasuk peminat Bandrek Susu,hehe...  Bahkan pernah ada meramu susu,telor,madu,dan jahe...wew... Pokoknya,mari hidup sehat dan bahagia.... Merdeka...


Peringatan :
Di dalam Jahe terkandung senyawa gingerol, yang bisa membuat lambung dalam tubuh kita panas, sehingga jahe murni tidak dianjurkan bagi orang yang mengidap penyakit maag dan ibu hamil,perlu perpaduan dan campuran tertentu pada jahe agar lebih bersahabat dengan penderita maag dan ibu hamil,hehe.



Semoga dapat berguna dan bermafaat,
Sekian dan terima kasih
Friel Kelana


Sumber :
http://health.kompas.com/read/2012/09/29/08200044/Redakan.Stres.dengan.Teh.Jahe.
http://id.wikipedia.org/wiki/Jahe
http://trik-tips-sehat.blogspot.com/2013/04/manfaat-jahe-merah.html
http://naturindonesia.com/jahe.html
http://www.janggleng.com/manfaat-jahe.html
http://permathic.blogspot.com/2012/05/kandungan-dan-manfaat-jahe-bagi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar