Jumat, 19 April 2013

Merpati yang tulus dan setia

Burung Merpati (Dove / Pigeon / Columbidae)

Burung merpati sering dipakai sebagai lambang kesetiaan, perdamaian, kebebasan, kelembutan,dan juga pembawa pesan yang baik yang selalu pulang ke rumah. Dalam peri kehidupan manusia, burung merpati turut mengukir sejarah dunia sebagai pembawa pesan atau surat menyurat dan terkenal sebagai merpati pos.
Burung Merpati memiliki berbagai keunikan dan kemampuan yang cukup menarik dan memberi inspirasi bagi perikehidupan manusia.
  • Merpati menentukan arah kompas dan peta dengan mendeteksi posisi matahari dan merasakan ladang medan magnet bumi atau menggunakan matahari sebagai panduan arah. Dr Hagstrum mengatakan bahwa, "Burung terbang dengan menggunakan kompas dan peta. Kompas yang digunakan biasanya adalah posisi Matahari dan ladang magnetik Bumi, tetapi peta yang digunakan tidak diketahui selama beberapa dekade,dan burung merpati menggunakan menggunakan suara "infra" sebagai peta untuk menemukan "jalan pulang ke rumah"
  • Kemampuan terbang, tercatat pada ketinggian 6.000 kaki atau lebih, dengan kecepatan terbang rata-rata 77,6 km/jam (ada yang mencapai 92,5 km/jam).
  • Jarak tempuh dalam penerbangan rata-rata 600-700 mil/hari, dengan penerbangan terjauh tercatat selama 55 hari, antara Afrika-Inggris yang berjarak sekitar 7.000 km.
  • Merpati minum dengan cara menghirup air dan memanfaatkan paruhnya sebagai sedotan tanpa mengangkat kepala – berbeda dengan burung lain, yang umumnya selalu mendongakkan kepala/menegakkan leher ketika menelan air.
  • Merpati dapat melihat dan membedakan warna – dan bahkan dapat melihat sinar ultraviolet, bagian dari spektrum yang tidak dapat dideteksi oleh mata manusia – sehingga merpati cukup sering dimanfaatkan dalam misi pencarian karena indranya yang unik dan pandangan mata yang sangat baik.
  • Merpati telah lulus ‘tes cermin’, yaitu kemampuan untuk mengenali refleksi dirinya di cermin (tidak menganggap bayangannya sebagai individu lain) – merpati termasuk dalam 16 jenis hewan (non-mamalia) yang memiliki kemampuan ini.
  • Merpati diketahui sangat cerdas, mampu mengenali semua (26) abjad serta mampu membuat konsep – dapat mengenali  gambar dalam foto bahkan membedakan dua gambar manusia dalam foto.
  • Burung Merpati hanya kawin dengan satu pasangan dan setia pada pasangannya meski sedang berada pada musim kawin. Jika sang betina akan bertelur, maka Merpati jantan akan mempersiapkan sarang yang bagus dan setelah bertelur merpati betina dan merpati jantan akan saling bergantian dalam mengerami telur. Setelah anaknya menetas merpati jantan akan sibuk mencari makanan untuk merpati betina dan anaknya.
  • Merpati tidak mau merebut makanan binatang lain dan tidak mau menganggu binatang lain. Akan tetapi jika ada ancaman yang datang mengganggu pasangan dan anaknya, dia akan berusaha menyelamatkan anaknya meskipun nyawanya menjadi taruhan.
  • sang jantan dan betina saling silih berganti membawa ranting untuk sarang anak2 mereka. apabila sang betina mengerami, sang jantan berjaga di luar kandang dan apabila sang betina kelelahan, sang jantan ganti mengerami.
  •  Merpati adalah burung yang tidak mempunyai empedu, ia tidak menyimpan kepahitan sehingga tidak pernah menyimpan dendam. 

Setelah melihat lebih dekat tentang sepintas kehidupan merpati, semoga kita mendapat pelajaran tentang ketulusan hati yang akan membawa pada kesetiaan  ....  Salam Damai dan Sejahtera ....


Mari berbahagia
.. friel kelana


Sumber :
http://harepigeonnotes.wordpress.com/2012/04/11/fakta-tentang-merpati
http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2013/01/130131_pigeon.shtml (misteri alat Navigasi Burung Merpati)
http://bl1t4r.blogspot.com/2012/12/mengambil-pelajaran-dari-burung-merpati.html
http://www.kaskus.co.id/thread/51658194e374b43766000007/5-alasan-mengapa-merpati-menjadi-simbol-kesetiaan/ (5 Alasan merpati menjadi simbol kesetiaan)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar